Learning Express 101 : Tips Lulus Administrative Application and Interview


Disclaimer :
1. Hampir semua informasi yang tertera di blog post ini berdasarkan pengalaman pribadi atau kenalan/teman. 
2. Setiap pengalaman bisa berbeda tergantung situasi, kondisi, dan ekspektasi.

Untuk dapat terpilih ikut kegiatan ini memang agak tricky, pertama kali daftar saya tertolak dan baru diterima setelah daftar untuk kedua kalinya. Berikut cara-cara yang saya lakukan :

1. Administrative Test

- Penting banget buat maintain ataupun ngedapetin GPA (Grade per Average) / IPK selama kuliah minimal 3,00.  Berdasarkan informasi "bawah tanah" applicant yang GPA-nya kurang dari 3,00 otomatis akan tertolak dari tahapan administrasi. Jadi bagi kalian yang merasa GPA-nya kurang dari syarat yang ditentukan, belajar lebih giat lagi buat ningkatin GPA kalian.
 Syarat GPA minimal 3,00 juga banyak ditemui kalau kalian berencana apply studi lanjut ataupun internship keluar, bahkan beberapa ada yang mewajibkan minimal GPA 3,50. Jadi tidak ada salahnya mempersiapkan terlebih dahulu.


- Usahakan untuk ikut berbagai kegiatan maupun organisasi, terutama bagi freshman year ataupun sophomore. Committee tentu akan sangat mempertimbangkan mahasiswa yang aktif dibandingkan mahasiswa kupu-kupu (re:kuliah-pulang, kuliah pulang). Aktif / tidaknya mahasiswa bisa menjadi tolak ukur  bagi committe dalam berbagai hal seperti time management, kemampuan kerja sama, communication, and leadership skills. Dimana skill-skill yang saya sebutkan itu merupakan skill mendasar dalam aturan ngak tertulis yang harus dimiliki oleh participant.

- Kalau ngak ikut organisasi, usahakan menonjol dikegiatan sosial. Karena seperti yang kita tahu, LEx sendiri merupakan social innovation project, yang mana participant yang dipilih tentu diharapkan memiliki jiwa sosial, dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan berpartisipasinya kalian dibeberapa kegiatan sosial.

- CV yang di input bisa dibagi beberapa keterangan, dan keterangan yang  akan membantu untuk lulus tahapan ini yaitu
   a.Organization Experience/ Leadership Experience
   b. Volunteer Experience


2. Interview & Presentation

Berikut beberapa pertanyaan ketika saya dan teman-teman interview dulu

- "Please introduce yourself/ Tell me about yourself"
Ketika interviewer nanya pertanyaan tersebut, ini merupakan pertanyaan crucial yang biasanya banyak dari kita nge-jawabnya dengan cara yang biasa-biasa aja. I mean cara yang biasa-biasa aja itu when we tell them our personal/ family life such as age, origin, our parents occupation, or how many brothers/sister that we have. Trust me, they not actually asking you "to tell them about yourself" but they actually asking you "to tell them about your qualifications, experiences, as well as why you a good fit participant in  a nutshell". So in order to answer this question, saya mengikuti beberapa tips dari video ini →https://www.youtube.com/watch?v=kayOhGRcNt4  yang intinya adalah :

a. Give a snapshot of our experinces history
Berisi informasi mengenai kegiatan yang kita lakukan, posisi kita sebagai apa, berapa lama kita melakukannya, dan major responsibilities kita.

b. Make our mini-stories "achievement-oriented"
Berisi informasi dimana, ketika kita berada diposisi tersebut kita bisa menghemat waktu, uang, dan mengimprove sesuatu (find a new way for doing that better, solving problem, etc) dalam suatu kegiatan yang hasilnya terukur.

c. Tell the Interviewer what we KNOW about this role
Berisi informasi yang menjelaskan tentang keahlian apa saja yang harus dimilik untuk diterima jadi participant dalam program ini.

d. Tell the Interviewer WHY we the RIGHT fit for what they need.
Berisi pernyataan yang menjelaskan apa saja hal yang interviewer perlukan untuk memilih participant dalam program ini, dan kenapa kita orang yang tepat. 

- "What your motivation to join this program"?
Bisa dikaitkan dengan benefit for join this program as well. 

- "What did you know about this program"?
Searching deskripsi project secara keseluruhan, participant-nya ngapain, purpose-nya apa, goals-nya apa, jelaskan dalam interview. Ini menunjukkan kalau kita serius untuk mau berpartisipasi dalam program.

- "Do you have organization/leadership experiences"?
Pertanyaan ini yang tidak saya prediksi dulu, karena "eligibities" yang ada di post-an tidak sebanyak sekarang.That's why I encourage you to join at least one organization, as active member ya. 

- "Studi Kasus"
Berisi pertanyaan tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan selama program dan bagaimana respon kita jika kita dihadapkan dalam kondisi tersebut. eg : apa yang kita lakukan kalau SP Student kehilangan barang, ingin jalan-jalan diluar kegiatan, dll.

-Untuk presentasi diusahakan latihan terlebih dahulu, jangan kurang ataupun lebih dari waktu yang dijelaskan. They really strict regarding to the time, so jangan bosan-bosan practice dengan stopwatch biar kita ngerti flow presentation kita gimana. 


I think that's all, good luck applicant 😊





Komentar